Pemasaran Online Menggunakan Media Sosial

1. Pengertian Media Sosial 

  • Sosial Media adalah sebuah media online, dimana para pengunanya dapat dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual.Blog, jejaring sosial termasuk facebook, LinkedIn dan wiki merupakan bentuk media sosial yang paling umum digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia. 
  • Andreas Kaplan dan Michael Haenlein mendefinisikan sosial media sebagai "sebuah kelompok aplikasi berbasis internet yang dibangun di atas dasar ideologi dan teknologi Web 2.0, dan yang memungkinkan penciptaan dan pertukaran isi dalam media sosial yang dapat dilakukan oleh para pengguna terdaftar (user-generated content)"
  • Kesimpulan media sosial adalah sebuah kelompok aplikasi yang diciptakan dengan teknologi web 2.0 serta berbasis internet yang dimana para pengguna yang sudah terdaftar dapat dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial, wiki, forum, dan dunia virtual.

2. Pemanfaatan Viral Marketing

  •  Viral marketing (Pemasaran Viral), biasa dianggap sebagai iklan virus, atau pemberitahuan spontan (buzz) tentang pemasaran dan merupakan istilah-istilah yang mengacu pada teknik pemasaran yang menggunakan layanan jejaring sosial yang sudah ada dan teknologi lainnya untuk menghasilkan peningkatan kesadaran merek.
  • Tujuan utama dari pemasar adalah menarik perhatian pelangan dalam menciptakan program viral marketing yang sukses adalah untuk membuat pesan viral yang menarik bagi individu dengan potensi jaringan sosial potensial (JSP) dan yang memilki probabiltas tingi yang disajikan dan disebarkan oleh orang-orang dan pesaing mereka dalam komunikasi mereka dengan orang lain dalam waktu singkat. 
  • Pemasaran Viral dilakukan dengan cara menyebarkan informasi melalui pemanfatan database pengguna Internet dengan status ‘free’ (gratis) yang telah terdaftar dan digunakan secara misal. Contoh yang dapat diambil adalah website surat elektronik gratis seperti Yahoo!, Hotmail, dan GMail, yang selain memberikan pelayanan email gratis, juga memberikan berbagai penawaran produk bersamaan dengan layanan email tersebut.
Untuk melakukan viral marketing dapat bekerja dengan baik dengan mempertimbangkan etika penyampaian atau pengalian informasi, Sebagaimana disampaikan profesors Andreas Kaplan dan Michael Haenlein, dengan mengenal tiga bagian berikut :

 a) Penyampai Pesan: Ada tiga tipe tertentu dari utusan yang diperlukan untuk memastikan        transformasi pesan biasa yang dikenali sebagai sebuah virus yaitu :
  • Para ahli pasar sebagai individu yang terus-menerus ‘melakukan menyampaikan informasi' mengenai (informasi khusus tentang produk yang dipasarkan), mereka biasanya melakukan pengirman pesan ke berbagai jejaring sosial yang mereka kelola atau mereka sebagai angota grup dari jejaring sosial tersebut.
  • Hubungan sosial antara orang-orang dengan kelompok hubungan sosial yang sangat besar, mereka sering berhubungan dengan ratusan atau bahkan ribuan orang yang berbeda dan memilki kemampuan untuk melayani sebagai konektor atau jembatan antara subkultur yang berbeda.
  • Jaringan pemasaran mungkin diperlukan oleh para penerima pesan dari para ahli pasar, memperkuat informasi yang disampaikan dengan membuatnya menjadi lebih relevan dan persuasif, kemudian mengirmkanya ke jejaring sosial untuk distribusikan lebih lanjut.
   b) Pesan: Hanya pesan yang mudah dingat dan cukup menarik untuk dapat diteruskan kepada orang lain yang memilki potensi untuk memacu fenomena viral marketing. Membuat pesan lebih berkesan dan menarik atau hanya lebih menyebar.
   c) Lingkungan: Lingkungan sangat penting dalam kebangkitan viral marketing yang sukses, perubahan kecil dalam memimpin lingkungan untuk dapat memperoleh hasil yang besar, dan orang-orang yang jauh lebih sensitf terhadap lingkungan. Waktu dan konteks peluncuran kampanye pesan dapat disampaikan dengan benar.

Berbagai media yang sering dilbatkan dan dimanfatkan oleh Viral marketing, antara lain sebagai berikut :
a) layanan partisipasi pelangan dan poling
b) kontribusi organisasi-Industri khusus
c) mesin pencarinternet dan blog
d) integrasi smartphone Ponsel
e) beberapa bentuk cetak dan pemasaran langsung
f) layanan web target pemasaran
g) Search engine optimization (SEO)
h) Sosial media optimasi (SMO)
i) televisi dan radio

Target Pemasaran Viral didasarkan pada tiga prinsip penting, antara lain :
a) Berkumpulnya profil dalam media sosial.
b) Kedekatan analisis pasar.
c) Analisis Real-time ketepatan kata kunci.

3. Macam-macam pemasaran melalui media sosial (facebook, linkedin, twitter, pinterst)

   Facebok adalah sebuah platform khusus yang populer digunakan untuk hiburan maupun bisnis. Memang penting untuk mengetahui bahwa proses pemasaran dengan Facebok hanya dapat berjalan efektif jika strategi yang efektif juga dilaksanakan. Facebok dapat dijadikan sebagai strategi efektif untuk meningkatkan visibiltas bisnis Anda di web. Iklan di jaringan sosial telah menjadi lebih mudah dengan mengunaka Facebok.
Hal-hal yang dapat dilakukan untuk menentukan strategi pemasaran dengan Facebook :
  1. Anda perlu tahu target pasar Anda yang secara teratur menggunakan Facebook.
  2. Anda dapat mengambil kesempatan untuk berhubungan dengan audiens target Anda di wilayah mereka sendiri.
  3. Pada saat yang sama Anda juga harus ingat bahwa pemasaran Facebook tidak hanya memilki profil dan halaman bisnis di mana setiap kali Anda ingin Anda melakukan posting tentang produk Anda.
Untuk mulai dengan pemasaran melalui Facebook, Anda harus langsung terhubung dengan klien melalui Facebook. Semakin Anda terhubung dengan klien, makin kuat relasi Anda. Pada saat yang sama Anda harus ingat bahwa pemasaran dengan Facebook bukanlah penganti dari setiap alat pemasaran lain yang telah Anda gunakan sejauh ini. Anda harus selalu mengunakanya bersama dengan alat pemasaran lainya.

Beberapa hal yang perlu Anda perhatikan :

1) Gunakan tab customized, ketika Anda membuat halaman bisnis Anda di Facebook, Anda dapat melihat bahwa halaman bisnis dilengkapi dengan sejumlah tab yang dapat disesuaikan. Anda akan menemukan area posting (wall) antara tab di mana Anda dapat menempatkan komentar dan posting. Ada juga tab Info dimana Anda dapat menempatkan informasi umum tentang bisnis Anda. Selain itu Facebook juga memilki tab selamat datang yang dapat menyertakan link ke segala macam produk serta layanan dan isi dalam jumlah besar.
2) Tujuan dari halaman bisnis: Anda harus selalu memahami persis mengapa Anda membuat halaman bisnis dan tujuan utamanya. Anda harus memilki pemahaman yang jelas tentang tujuan pemasaran bisnis Anda. Hal ini sangat berguna karena target pasar Anda akan memilki reaksi yang sangat positf dalam pengunan Facebok untuk bisnis Anda.
3) Mengubah urutan tab Facebook: Anda harus mengatur urutan tab Facebook Anda untuk membuatnya logis dalam pandangan para calon pelanggan. Jika Anda memilki lebih dari satu halaman bisnis, sangat penting untuk memilki urutan tab Facebok yang berbeda untuk halaman yang berbeda.
4) Konsistensi dalam posting konten: Anda juga harus menjaga konsistensi dalam posting isi halaman bisnis Anda. Jika Anda membuat halaman dan menampilkan tentang hal yang sama maka halaman tersebut tidak akan menghasilkan apa-apa. Anda harus sering login dan memperhatikan tampilan dan fitur-fitur platform, dan penting untuk diperhatikan bahwa Anda perlu berkomitmen mengenai kehadiran Anda di media sosial ini.
5) Tetapkan tujuan yang realistis. Jangan berharap untuk mendapatkan ribuan pengemar dalam bulan pertama Anda, tetapi berpikirlah realistis dengan puluhan atau ratusan dahulu, yang penting mulai dulu dari yang kecil untuk pencapaian yang besar di masa mendatang.
6) Luangkan sedikit waktu Anda: Cobalah untuk menyisihkan waktu Anda, paling tidak satu jam sehari untuk update posting facebook tentang bisnis Anda dan berkomunikasi langsung dengan pelangan dan pengemar.
7) Pelajari sebanyak yang Anda mampu. Ambil catatan berdasarkan pengalaman Anda dengan halaman Facebook dan layanan bisnis lainya, tulislah pertanyan tentang hal-hal yang Anda tidak mengerti sehingga Anda dapat membuat catatan untuk dapat Anda lihat jika nanti diperlukan.
8) Mulailah dengan anggaran kecil: Anda dapat memulai melakukan iklan tes kecil untuk melihat seperti apa hasilnya dengan pengeluaran yang dibayarkan untuk iklanya, efektif atau tidak, dan kemudian Anda dapa meningkatkanya ketika Anda mengetahui mana demografi dan kata- kata kunci yang ingin Anda targetka dan dapat menghasilkan return of investment (ROI) yang bagus.
9) Buatlah halaman Fanpage bukan profil: Jangan membuat profil baru untuk bisnis Anda, karena itu menyalahi aturan, jadi buatlah halaman fanpage untuk bisnis Anda. Setelah Anda buat fanpage, undanglah semua teman-teman Anda agar menjadi fans pertama dari halaman facebok Anda.
10) Update status dengan yang keren-keren: Update-lah status facebok fanpage Anda dengan status keren dan cerdas yang dapat mendorong teman Anda untuk terlibat aktif dengan halaman bisnis Anda. Hal ini akan membuat status facebok Anda banyak yang memberikan respon (like).
11) Jangan kirim spam: Orang-orang telah cukup banyak menerima spam di email atau Inbox mereka, dan pastinya akan sangat terggangu jika Anda ikut-ikutan mengirmkan pesan langsung ke inbox/email mereka. Jika ada sesuatu yang mau disampaikan, cukup tuliskan di status Anda.
12) Promo kupon diskon: Berikanlah kupon diskon untuk menarik peminat pembeli Anda, agar mereka berminat untuk membelinya / berlangganan di tempat Anda. Lakukan secara berkala agar pelangan yang sudah ada tetap loyal dengan bisnis Anda.
13) Tawarkan membership: tawarkan membership atau keanggotan dengan berbagai macam tawaran menarik jika menjadi angota dan berlanganan di tempat Anda, yang tidak dapat didapatkan kalau hanya membeli putus saja, hal ini akan mempercepat perkembangan bisnis Anda menjadi lebih besar.

4. Pemasaran menggunakan Media Video

  • Membuat artikel video untuk pemasaran merupakan model yang sangat menjanjikan untuk melakukan pemasaran dan iklan melalui media internet yang dapat dibuat dalam durasi yang relatif singkat, sekitar 2-5 menit video tentang topik yang spesifk dengan mengunakan konten tentang artikel dan sumber teks yang lain. Kemudian video diupload ke berbagai situs video sharing seperti youtube untuk didistribusikan ke berbagai masyarakat, baik secara terbatas di jejaring social, maupun media sosial dan website atau blog dengan menyisipkan link ataupun embed (sisipan video). Dapat juga kita lakukan dengan menggunakan software presentasi online (dengan syarat koneksi internet cukup bagus, antara 512kbps – 1024kbps).
  • Pemasaran mengunakan video merupakan perluasan model pemasaran tetapi berfungsi sebagai media alternatif bagi perusahan atau lembaga untuk menyampaikan pesan mereka kepada masyarakat yang lebih luas, dan mendapatkan lebih banyak tangapan.
Beberapa perangkat lunak opensource/freware yang dapat kita gunakan untuk mengolah video sebagai media pemasaran adalah sebagai berikut :

a) Avidemux (http:/avidemux.sourceforge.net/download.html - win, linux)
b) Blender (http:/www.blender.org/download/ - linux, windows, mac)
c) Cinelera (http:/cinelera.org/geting_cinelera.php - linux )
d) Kdenlive (http:/kdenlive.org/ - linux, mac)
e) Kino (http:/www.kinodv.org/article/static/1 - linux)
f) OpenShot (http:/www.openshot.org/download - linux)
g) VirtualDub (http:/www.virtualdub.org/download.html)
h) Lightworks (http:/www.lwks.com)
i) Pinacle Videospin (http:/videospin.en.softonic.com)
j) Windows Movie Maker (http:/www.windows-movie-maker.org/)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar