Iklan Pay Per Click




1.       Konsep Pay per Click
Pay  per Click atau Biaya per klik dalam bahasa Indonesia, merupakan sistem pengiklanan menggunakan media internet, dimana pemasang iklan akan dikenai biaya ketika pengguna internet meng-klik iklan yang ditampilkan pada halaman web.
Ada beberapa langkah jika Anda ingin beriklan menggunakan biaya per klik yaitu.
a. Membuat konten dari iklan yang akan ditawarkan.
b. Membuat salinan iklan yang akan ditampilkan.
c. Menentukan lokasi atau tempat iklan ditampilkan dalam web. d. Memilih kata kunci yang digunakan agar iklan dapat ditampilkan.
e. Mengatur biaya yang harus dikeluarkan setiap iklan yang diklik.
Sedangkan langkah-langkah yang dilakukan oleh penyedia iklan biaya per klik(platform PPC) adalah.
a. Melakukan pengecekan iklan sesuai aturan(pedoman editorial).
b. Menampilkan iklan sesuai dengan permintaan pencarian(kata kunci) atau kriteria yang lain.
c. Menentukan peringkat atau posisi iklan berdasarkan tawaran maksimum pengiklan dan keterkatian/relevansi iklan yang meliputi klik per tayang(click-through rate [CTR]), salinan iklan, kata kunci dan halaman arahan/web yang dituju dengan relevansi pencarian.
Jenis Iklan PPC pada Adwords atau yang lainnya biasanya berupa teks (ditampilkan berupa teks pada iklan Search, Display dan Social Networks).
Iklan Text PPC mengikuti struktur dasar yang sama yaitu:
Kepala(header)
Dua baris salinan iklan, yang dapat ditampilkan pada satu baris

www.DisplayURL.com

(tujuan URL)




URL(Uniform Resource Locator) yang ditampilkan (URL display) belum tentu URL yang pengguna akan klik dan menuju ke suatu halaman web (URL tujuan). URL display kadang-kadang juga disebut vanity URL. URL display harus domain yang sama dengan URL tujuan. Google akan hanya menampilkan satu iklan per URL tampilan.
Ketika kalian membuat sebuah iklan teks PPC, kalian akan dibatasi dalam penggunaan karakter. Berikut adalah pedoman editorial dari Google AdWords.
a. Kepala(heading): maksimum 25 karakter.
b. Line 1: maksimum 35 karakter.
c. Baris 2: maksimum 35 karakter.
d. URL Tampilan: maksimum 35 karakter.
e. Tidak ada tanda seru berulang.
f. Tidak ada kata ditulis dalam huruf besar semua.
g. Tidak ada kata-kata omong kosong dapat digunakan.
h. Tidak ada klaim "terbaik", "nomor satu" atau superlatif dapat digunakan kecuali dapat diverifikasi oleh pihak ketiga.
i. Nomor produk dapat digunakan.

Kebanyakan iklan PPC, biasanya tidak terdapat gambar untuk melengkapi teks. Oleh karena itu menulis salinan iklan yang efektif adalah sebuah keterampilan penting untuk iklan PPC. Memasukkan kata kunci pencarian dinamis ke dalam salinan iklan yang muncul atau menggunakan kata kunci dalam salinan iklan. Gunakan kata-kata menarik dan mengajak sehingga pengguna tahu apa yang harus dilakukan dan apa yang diharapkan,
Berbeda dengan iklan PPC di Facebook, Anda dapat memanfaatkan teks dan gambar. Iklan PPC Facebook dapat digunakan untuk mengarahkan traffic ke aset di Facebook (sebuah halaman, event, aplikasi atau kelompok), atau dapat digunakan untuk mengarahkan traffic ke eksternal website.
Sebuah iklan Facebook terdiri dari.

a. Judul (25 karakter maksimum), yang terkait dengan URL tujuan (atau Facebook destination).
b. Gambar (110 x 80 piksel).
c. Badan teks (135 karakter maksimum).
d. konteks sosial, yang memungkinkan pengguna lain untuk melihat iklan yang ditampilkan oleh teman kita.
2. Optimasi PPC
Ada beberapa faktor yang perlu kalian perhatikan yaitu.
a.       Memilih kata kunci yang tepat
Ketika kalian akan beriklan menggunakan PPC maka mesin pencari membutuhkan kata kunci sebagai acuan. Kalian harus dapat membuat daftar kata kunci yang tepat. Sebagai gambaran pada Google AdWords menggunakan jenis pencocokan berikut.
1) Luas (Broad)
Kata Kunci: Mobil Cepat
Iklan Anda dapat muncul untuk semua pencarian berikut:
Mobil Cepat
Mobil Sport Cepat
Internet Cepat
Motor cepat
Masakan cepat saji
Mobil 1500 CC
Adu cpat (salah pengetikan)

Dengan cara ini, iklan kalian akan muncul sesuai dengan kata kunci yang dimasukan, mengandung kata kunci tersebut dan kata-kata dengan urutan apa pun, serta beberapa variasi kata kunci (salah eja dan sinonim). Katakanlah Anda telah memilih kata kunci berikut.


2) Frasa(Phrase)
Pencocokan frasa, dilambangkan dengan tanda kutip pada kata kunci( "Frasa match") berarti iklan Anda akan muncul hanya untuk istilah pencarian yang memiliki kata kunci yang ada di dalamnya, dalam urutan yang sama, meskipun kata lain mungkin juga berada dalam istilah pencarian. Contoh.
Kata Kunci: “Mobil Cepat“
Iklan Anda dapat muncul untuk semua pencarian berikut:
Mobil Cepat
Mobil Cepat Sport
Mobil Cepat Merah
Balap mobil cepat
Tetapi tidak untuk :
Mobil sport cepat
Sport Mobil

 


3) Sama persis(Exact)
Sama persis, dilambangkan dengan tanda kurung siku ([sama persis]), berarti iklan tersebut hanya akan muncul untuk istilah pencarian sama persis dengan kata kunci yang dipilih. Contoh.
Kata Kunci: [Mobil Cepat]
Iklan Anda dapat muncul untuk semua pencarian berikut :
Mobil Cepat
Tetapi tidak untuk :
Mobil sport cepat
Sport Mobil
Mobil Cepat Sport
Mobil Cepat Merah

 
4) Negatif(Negative)
Pencocokan negatif, dilambangkan dengan menggunakan tanda dash di depan kata kunci(-negatif), berarti iklan Anda tidak akan muncul dalam pencarian menggunakan kata itu, tidak peduli apa kata-kata lain yang digunakan. Contoh.
Kata Kunci : Mobil Cepat -Sport
Iklan Anda dapat muncul untuk semua pencarian berikut :
Mobil Cepat
Tetapi tidak untuk :
Mobil sport cepat
Sport Mobil
Mobil Cepat Sport

 


b.      Bahasa dan lokasi iklan
Saat beriklan, kalian dapat melakukan pemilihan lokasi/geografis dan bahasa, atau disebut geo-targeting, Penargetan ini bertujuan agar kalian tahu bahwa lalu lintas website yang kalian miliki berasal dari pengguna internet yang relevan yaitu berdasarkan lokasi dan bahasa yang mereka gunakan.
c.       Perilaku dan demografi
Iklan PPC juga dapat ditargetkan berdasarkan perilaku pribadi. Dengan Iklan Facebook, iklan dapat ditargetkan berdasarkan profil orang(demografi), pengaturan dan perilaku yang dilakukan di Facebook. Kalian dapat menargetkan iklan berdasarkan beberapa hal berikut.
1) Jenis Kelamin
2) Lokasi
3) Status hubungan
4) Kelompok Umur
Anda juga dapat menargetkan berdasarkan.
1) Suka dan kepentingan
2) Interaksi dengan merek/produk

d.      Menambah ekstensi advert
Google khususnya sering bereksperimen dengan cara-cara menambah informasi untuk iklan PPC. Ini disebut sebagai Ekstensi Iklan. Untuk pengiklan PPC, Ekstensi Iklan menawarkan cara untuk mendapatkan informasi tambahan yang ditampilkan pada iklan PPC tanpa mempengaruhi batas iklan salinan standar. Saat ini, Google menawarkan lima ekstensi Iklan PPC teks yaitu.
1) Perluasan Lokasi
Perluasan lokasi untuk iklan lokal memungkinkan untuk menambahkan informasi lokasi dan gambar untuk iklan. Untuk menggunakan ekstensi ini, akun AdWords dan Bisnis Lokal( www.google.com/local ) perlu dihubungkan.
2) Sitelinks Iklan
Sitelinks Iklan memungkinkan untuk menampilkan hingga empat link, masing-masing link dengan tujuan URL yang berbeda. Untuk Link teks standar dibatasi hingga 35 karakter. Dengan Sitelinks Iklan memungkinkan untuk mengarahkan pengguna ke web atau tempat yang lebih relevan.
3) Ekstensi Telepon
Perpanjangan telepon memungkinkan Anda untuk menampilkan nomor telepon lokal di garis bawah iklan yang teks standar.
4) Ekstensi produk
Dengan menghubungkan akun AdWords ke akun Google Merchant Centerdan menyediakan feed produk, Anda dapat menyertakan gambar produk di PPC iklan bila tersedia. Hal ini sangat berguna bagi pengiklan eCommerce.
5) Penjual ratings ekstensi
Google akan mencoba untuk mencocokkan domain yang digunakan dalam iklan untuk meninjau web untuk menampilkan peringkat dari informasi bersama-sama dengan iklan teks. Hal ini sangat berguna jika Anda memiliki peringkat yang sangat baik.
e. Penawaran dan peringkat
Seorang pengiklan PPC harus menentukan nilai maksimum pembayaran setiap iklan yang diklik dan memutuskan nilai tawaran tersebut untuk setiap kata kunci yang dimasukkan untuk iklan. Tawaran ini disubut CPC(Cost per Click) maksimum, atau CPC Maks, Setiap kali permintaan pencarian data dimasukkan, mesin pencari menjalankan lelang untuk menentukan iklan mana yang akan ditampilkan berdasarkan penawaran tertinggi, lokasi dan kata kunci. Lelang inidikenal sebagai Generalised Second Price (GSP), yang merupakan variasi pada lelang Vickrey.
Dalam lelang GSP, setiap pengiklan akan membayar tawaran dari pengiklan dibawahnya, ditambah kenaikan standar (biasanya $ 0,01, jika kurs Rupiah terhadap dolar adalah Rp.10.000, maka kurang lebih Rp.100 ), untuk setiap klik pada iklan. Katakanlah terdapat tiga pengiklan Anton, Budi dan Siska, mereka bertiga melakukan penawaran yaitu Rp.25.000,-, Rp.30.000 dan Rp.23.500 pada kata kunci yang sama. Mesin pencari telah menetapkan harga minimum Rp. 20.500,- pada kata kunci yang sama. Berikut adalah bagaimana iklan akan diposisikan, dan berapa banyak para pengiklan akan membayar untuk tiap klik. Pengiklan Penawaran CPC Budi Rp.30.000,- Rp. 25.100,- Anton Rp.25.000,- Rp. 23.600,- Siska Rp.23.500,- Rp. 20.600,- Gambar 6.7 Peringkat dan biaya tiap klik Hal ini akan berbeda ketika iklan tampil berdasarkan faktor peringkat, Dalam Google AdWords, ini dikenal sebagai Angka Mutu (Quality Score(QS)). Angka Mutu diterapkan pada kata kunci, grup iklan dan tingkat akun. Penting bagi kalian untuk menjaga Skor seluruh akun yang dimiliki berkualitas baik karena mempengaruhi peringkat dan biaya per klik. Angka mutu ditentukan oleh
faktor-faktor antara lain:
1) Relevansi kata kunci untuk istilah pencarian.
2) Relevansi salin iklan tersebut ke istilah pencarian.
3) Relevansi halaman website arahan dengan istilah pencarian.
4) Track Record CTR(clickthrough rates) iklan tersebut.

Nilai Skor kualitas dapat di peringkat sebagai berikut.
1) Bagus(8, 9, 10): Kata kunci sangat relevan dan QS tidak perlu perbaikan.
2) OK (5, 6, 7): Kata kunci relevan, tetapi masih bisa mendapatkan keuntungan dari QS tinggi.
3) Buruk (1, 2, 3, 4): Kata kunci ini tidak relevan dan QS perlu perbaikan.

f. Konversi dan harga klik-tayang
Mesin pencari dalam menentukan iklan yang akan ditampilkan melihat factor lain seperti relevansi, tujuannya adalah mencoba memastikan bahwa tidak hanya yang berkantong tebal yang dapat di posisi teratas sebagai pengiklan. Mesin pencari memastikan bahwa pengguna menemukan iklan yang relevan Tingkat konversi dari sebuah iklan adalah konversi/klik. Biaya per tindakan (atau biaya per setiap konversi) adalah total biaya kampanye/ jumlah konversi. Biaya rata-rata per klik adalah total biaya kampanye/jumlah klik. Sebagai pemasang iklan, Anda perlu mengetahui nilai setiap konversi sehingga Anda tidak membayar terlalu banyak untuk iklan yang diklik.
g. Website tujuan Iklan
PPC tidak hanya tentang menciptakan iklan dan penawaran untuk kata kunci. Proses berlanjut setelah seorang pengguna internet mengklik iklan. Halaman yang pengakes iklan tuju, dengan mengklik sebuah iklan disebut halaman arahan. Halaman arahan dapat membuat atau menghancurkan kampanye iklan. Penyebabnya buruk dalam tampilan dan target yang tidak jelas. Kampanye PPC akan mengirim semua pengguna ke halaman depan web. Kampanye convert yang akan memastikan bahwa pengguna mendarat dihalaman yang relevan dengan apa yang konsumen inginkan. Mengirimkan pengguna ke halaman rumah memberikan mereka banyak pilihan lain untuk memilih. Sebagai contoh, jika seseorang mencari " Canon EOS 450D ", Pengiklan yang kurang baik akan mengirimkan konsumen ke www.canon.co.uk. Sebuah kampanye yang lebih baik akan mengarakan
pengguna ke halaman yang dituju dengan URL: www.canon.co.uk/For_Home/Product_Finder/Cameras/Digital_SLR/EOS_450 D/index.asp
h. Pelacakan
Bagaimana Anda mengetahui konsumen mengakses/mengklik iklan yang ditayangkan? Untuk menjawab pertanyaan tersebut Anda perlu menggunakan pelacakan konversi yang tepat. Pelacakan konversi biasanya dilakukan dengan pixel pelacakan kecil yang ada di konversi halaman konfirmasi dari website. Google AdWords menawarkan konversi tag pelacakan, yang memungkinkan Anda untuk melaporkan pada AdWords kampanye melalui konversi. Dalam rangka untuk melacak banyak jaringan lain, diperlukan, pelacakan pihak ketiga misalnya www.wordtracker.com. Jika Anda mengirimkan lalu lintas ke website yang menggunakan Google Analytics, Anda dapat menggunakan pelacakan kampanye untuk melacak dan melaporkan kampanye yang mengarahkan lalu lintas ke website.
3. Menyiapkan Kampanye PPC
a) Perencanaan
Agar kampanye Anda sukses. Anda perlu melakukan analisis online dan offline dari bisnis/produk yang akan ditawarkan, tujuan/target, demografi pelanggan, pesaing, dan cara beriklan atau ukuti acuan 5W1H (what, when, where, who, why dan how) misalkan.
1) Apa yang akan Anda jual.
2) Merek apa yang harus Anda gunakan.
3) Apa yang dilakukan pesaing untuk pemasaran online dan dimana mereka beriklan.
4) Bagaimana konsumen mengetahui dan mencari tahu akan produk yang kita tawarkan
5) Apakah tujuan website yang Anda buat? Menjual produk lebih banyak?Mendidik konsumen akan produk?meningkatkan kesadaran akan merek? membangun database marketing melalui pendaftaran newsletter?
b. Anggaran
Ketika Anda melaksanakan sebuah iklan PPC agar Anggaran Anda dapat dihemat ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan yaitu.
a) Jangan melakukan penawaran untuk berada di posisi teratas, selama posisi iklan Anda berada di antara posisi 2 dan 4 maka iklan Anda akan tetap ditayangkan dan ada kemungkinan di klik sehingga biaya yang dikeluarkan tidak terlalu besar.
b) Pengaturan waktu. Anda harus mengatur iklan Anda tampil pada waktu yang tepat dan jam yang tepat pula contoh kalau Anda menjual produk antar makan siang maka aturlah iklan Anda tampil untuk jam makan siang.
c) Pengaturan lokasi. Pastikan Anda mengatur lokasi sesuai dengan target yang diharapkan jika konsumen Anda dari bandung, aturlah untuk daerah bandung sebagai batasannya.
(2).Kata-kata apa yang akan menunjukkan bahwa mereka tidak mungkin untuk membeli produk dari Anda (misalkan kata seperti gratis).
(3).Maanfaatkan tool untuk analisis kata kunci. Ada sejumlah alat yang akan membantu Anda dalam mengembangkan daftar kata kunci, dan menentukan volume kata kunci. Ada yang gratis dan ada pula yang berbayar. Semua alat-alat ini harus digunakan sebagai pedoman saja misalnya www.keyworddiscovery.com dan http://www.spyfu.com/.
c) Memilih platform PPC

Ada beberapa teori bahwa platform PPC yang berbeda lebih baik untuk industri yang berbeda pula, misalnya, bahwa Yahoo! memberikan tarif yang lebih murah dari Google untuk iklan travel. Namun, hal ini adalah subyektif, Sebagian besar pengiklan besar biasanya akan menjalankan kampanye PPC pada sejumlah platform. Ada beberapa perbedaan kecil setiap platform dalam hal kebijakan editorial, dan masing-masing sistem memiliki antarmuka pengguna yang berbeda. Google AdWords mungkin yang paling terkenal, yang memungkinkan pengguna untuk bertransaksi dalam mata uang pilihan mereka, serta menawarkan program pelatihan dan sertifikasi. Google AdWords juga sebagai penargetan geografis terbaik di seluruh dunia, meskipun penargetan geografis adalah yang ditawarkan oleh Microsoft adCenter, Facebook, LinkedIn dan Youtube. Setelah Anda tentukan platform selanjutnya membuat akun dan iklan yang ingin ditawarkan ke konsumen.

d) Melakukan pengujian, pelacakan, pengukuran iklan

Iklan yang Anda buat harus di uji untuk mengetahui tingkat keberhasilannya. Setelah proses pengujian dan iklan Anda mulai tayang, Iklan tersebut perlu dilacak dan diukur untuk mengetahui tingkat keberhasilan iklan Anda terhadap produk yang dijual.

4. Konsep Adwords

Salah satu media periklanan yang disediakan oleh Google adalah Adwords. Dengan Adwords, iklan dapat tampil pada area yang telah ditentukan, anggaran dapat disesuaikan (tanpa ada kesepakatan pembelanjaan minimum), iklan dapat diukur dengan mudah dan menjangkau orang-orang dengan tepat, saat mereka menelusuri apa yang ditawarkan di Internet. Dengan penawaran biaya per klik, biaya yang dikenakan hanya saat seseorang mengklik iklan yang ditawarkan. Misalnya, Anda menjalankan took roti di Bandung. Tetapkan iklan Anda untuk tampil kepada pelanggan hanya di lokasi tersebut, dan saat seseorang yang tinggal atau berlibur ke sana menelusuri Google untuk mencari "roti khas bandung", maka iklan akan ditampilkan dan diklik untuk terhubung dengan bisnis Anda.
a. Keuntungan beriklan dengan Google AdWords
Beberapa hal penting yang membedakan AdWords dari jenis periklanan lainnya yaitu.

1) Menjangkau orang-orang pada waktu yang tepat saat mereka menelusuri apa yang Anda tawarkan
a) Iklan Anda akan ditampilkan kepada orang-orang yang telah menelusuri jenis produk dan layanan yang Anda tawarkan. Sehingga orang-orang tersebut lebih cenderung untuk mengambil tindakan.

b) Anda dapat memilih tempat iklan ditampilkan, pada website dan pada area geografis tertentu(negara bagian, kota, atau bahkan RT/RW).

c) AdWords menjangkau 80% pengguna Internet di Amerika. Itu merupakan pangsa pasar yang besar serta mesin pencari Google merupakan mesin pencari yang paling banyak digunakan oleh penffuna internet.
2) Kontrol anggaran

a) Anda hanya dikenakan biaya saat seseorang mengklik iklan, bukan saat iklan ditampilkan dengan menggunakan penawaran biaya per klik,

b) Anda memutuskan jumlah (banyak atau sedikit) yang ingin dibelanjakan setiap bulannya dan Anda tidak akan ditagih melebihi jumlah itu.

c) Tidak ada komitmen pembelanjaan minimum.

3) Lihat dengan cermat apa yang berfungsi pada iklan Anda dan kembangkan

a) Lihat laporan mengenai kinerja iklan Anda, lihat berapa banyak pelanggan baru yang terhubung ke bisnis Anda dari iklan, tempat asal mereka, dan detail lainnya.

b) Gunakan alat AdWords untuk mengedit dan meningkatkan iklan Anda, serta meningkatkan jumlah calon pelanggan yang menghubungi bisnis Anda.

c) Mudah untuk memulai, menjeda atau berhenti. Tanpa ikatan.

b. Cara kerja AdWords
Untuk memahami cara kerja AdWords, Ada beberapa elemen dasar yang
harus Anda pahami yaitu.
1. Kata Kunci

 Beberapa hal yang harus Anda lakukan ketika memilih kata kunci untuk
kampanye PPC.
a. Buat Group Iklan
Sebelum Anda mulai memilih kata kunci untuk kampanye PPC,
pastikan bahwa grup iklan untuk setiap kampanye diatur menurut produk atau layanan yang Anda tawarkan.

b. Pilih Kata Kunci yang akan digunakan pelanggan untuk
mendeskripsikan produk atau layanan dan kata kunci yang berkaitan
satu sama lain. 

c. Tempat iklan dapat tampil
Saat Anda beriklan dengan AdWords, iklan dapat tampil diberbagai tempat
di seluruh web, bergantung pada cara Anda menargetkan iklan, kepada
siapa saja akan ditayangkan, dan jenis iklan yang dibuat. 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar