Pay per Click atau
Biaya per klik dalam bahasa Indonesia, merupakan sistem pengiklanan menggunakan
media internet, dimana pemasang iklan akan dikenai biaya ketika pengguna
internet meng-klik iklan yang ditampilkan pada halaman web.
Ada beberapa langkah jika Anda ingin beriklan menggunakan
biaya per klik yaitu.
a. Membuat konten dari iklan yang akan ditawarkan.
b. Membuat salinan iklan yang akan ditampilkan.
c. Menentukan lokasi atau tempat iklan ditampilkan
dalam web. d. Memilih kata kunci yang digunakan agar iklan dapat ditampilkan.
e. Mengatur biaya yang harus dikeluarkan setiap iklan yang
diklik.
Sedangkan langkah-langkah yang dilakukan oleh penyedia iklan
biaya per klik(platform PPC) adalah.
a. Melakukan pengecekan iklan sesuai aturan(pedoman
editorial).
b. Menampilkan iklan sesuai dengan permintaan pencarian(kata
kunci) atau kriteria yang lain.
c. Menentukan peringkat atau posisi iklan berdasarkan
tawaran maksimum pengiklan dan keterkatian/relevansi iklan yang meliputi klik
per tayang(click-through rate [CTR]), salinan iklan, kata kunci dan halaman
arahan/web yang dituju dengan relevansi pencarian.
Jenis
Iklan PPC pada Adwords atau yang lainnya biasanya berupa teks (ditampilkan
berupa teks pada iklan Search, Display dan Social Networks).
Iklan Text PPC mengikuti struktur
dasar yang sama yaitu:
Kepala(header)
Dua baris salinan iklan, yang
dapat ditampilkan pada satu baris
www.DisplayURL.com
(tujuan URL)
|
URL(Uniform
Resource Locator) yang ditampilkan (URL display) belum tentu URL yang pengguna
akan klik dan menuju ke suatu halaman web (URL tujuan). URL display
kadang-kadang juga disebut vanity URL. URL display harus domain yang sama
dengan URL tujuan. Google akan hanya menampilkan satu iklan per URL tampilan.
Ketika
kalian membuat sebuah iklan teks PPC, kalian akan dibatasi dalam penggunaan
karakter. Berikut adalah pedoman editorial dari Google AdWords.
a.
Kepala(heading): maksimum 25 karakter.
b.
Line 1: maksimum 35 karakter.
c.
Baris 2: maksimum 35 karakter.
d.
URL Tampilan: maksimum 35 karakter.
e.
Tidak ada tanda seru berulang.
f.
Tidak ada kata ditulis dalam huruf besar semua.
g.
Tidak ada kata-kata omong kosong dapat digunakan.
h.
Tidak ada klaim "terbaik", "nomor satu" atau superlatif
dapat digunakan kecuali dapat diverifikasi oleh pihak ketiga.
i.
Nomor produk dapat digunakan.
Kebanyakan iklan PPC, biasanya tidak terdapat gambar
untuk melengkapi teks. Oleh karena itu menulis salinan iklan yang efektif
adalah sebuah keterampilan penting untuk iklan PPC. Memasukkan kata kunci
pencarian dinamis ke dalam salinan iklan yang muncul atau menggunakan kata
kunci dalam salinan iklan. Gunakan kata-kata menarik dan mengajak sehingga pengguna
tahu apa yang harus dilakukan dan apa yang diharapkan,
Berbeda dengan iklan PPC di Facebook, Anda dapat
memanfaatkan teks dan gambar. Iklan PPC Facebook dapat digunakan untuk
mengarahkan traffic ke aset di Facebook (sebuah halaman, event, aplikasi atau
kelompok), atau dapat digunakan untuk mengarahkan traffic ke eksternal website.
Sebuah iklan Facebook terdiri dari.
a.
Judul (25 karakter maksimum), yang terkait dengan URL tujuan (atau Facebook
destination).
b.
Gambar (110 x 80 piksel).
c.
Badan teks (135 karakter maksimum).
d.
konteks sosial, yang memungkinkan pengguna lain untuk melihat iklan yang
ditampilkan oleh teman kita.
2.
Optimasi PPC
Ada
beberapa faktor yang perlu kalian perhatikan yaitu.
a.
Memilih
kata kunci yang tepat
Ketika
kalian akan beriklan menggunakan PPC maka mesin pencari membutuhkan kata kunci
sebagai acuan. Kalian harus dapat membuat daftar kata kunci yang tepat. Sebagai
gambaran pada Google AdWords menggunakan jenis pencocokan berikut.
1)
Luas (Broad)
Kata
Kunci: Mobil Cepat
Iklan
Anda dapat muncul untuk semua pencarian berikut:
Mobil
Cepat
Mobil
Sport Cepat
Internet
Cepat
Motor
cepat
Masakan
cepat saji
Mobil
1500 CC
Adu
cpat (salah pengetikan)
|
2)
Frasa(Phrase)
Pencocokan frasa, dilambangkan dengan tanda kutip
pada kata kunci( "Frasa match") berarti iklan Anda akan muncul hanya
untuk istilah pencarian yang memiliki kata kunci yang ada di dalamnya, dalam
urutan yang sama, meskipun kata lain mungkin juga berada dalam istilah
pencarian. Contoh.
Kata
Kunci: “Mobil Cepat“
Iklan
Anda dapat muncul untuk semua pencarian berikut:
Mobil
Cepat
Mobil
Cepat Sport
Mobil
Cepat Merah
Balap
mobil cepat
Tetapi
tidak untuk :
Mobil
sport cepat
Sport
Mobil
|
3)
Sama persis(Exact)
Sama
persis, dilambangkan dengan tanda kurung siku ([sama persis]), berarti iklan
tersebut hanya akan muncul untuk istilah pencarian sama persis dengan kata
kunci yang dipilih. Contoh.
Kata
Kunci: [Mobil Cepat]
Iklan
Anda dapat muncul untuk semua pencarian berikut :
Mobil
Cepat
Tetapi
tidak untuk :
Mobil
sport cepat
Sport
Mobil
Mobil
Cepat Sport
Mobil
Cepat Merah
|
4)
Negatif(Negative)
Pencocokan
negatif, dilambangkan dengan menggunakan tanda dash di depan kata
kunci(-negatif), berarti iklan Anda tidak akan muncul dalam pencarian
menggunakan kata itu, tidak peduli apa kata-kata lain yang digunakan. Contoh.
Kata
Kunci : Mobil Cepat -Sport
Iklan
Anda dapat muncul untuk semua pencarian berikut :
Mobil
Cepat
Tetapi
tidak untuk :
Mobil
sport cepat
Sport
Mobil
Mobil
Cepat Sport
|
b.
Bahasa
dan lokasi iklan
Saat beriklan,
kalian dapat melakukan pemilihan lokasi/geografis dan bahasa, atau disebut
geo-targeting, Penargetan ini bertujuan agar kalian tahu bahwa lalu lintas
website yang kalian miliki berasal dari pengguna internet yang relevan yaitu
berdasarkan lokasi dan bahasa yang mereka gunakan.
c.
Perilaku
dan demografi
Iklan
PPC juga dapat ditargetkan berdasarkan perilaku pribadi. Dengan Iklan Facebook,
iklan dapat ditargetkan berdasarkan profil orang(demografi), pengaturan dan
perilaku yang dilakukan di Facebook. Kalian dapat menargetkan iklan berdasarkan
beberapa hal berikut.
1) Jenis
Kelamin
2)
Lokasi
3)
Status hubungan
4)
Kelompok Umur
Anda
juga dapat menargetkan berdasarkan.
1) Suka
dan kepentingan
2)
Interaksi dengan merek/produk
d.
Menambah
ekstensi advert
Google
khususnya sering bereksperimen dengan cara-cara menambah informasi untuk iklan
PPC. Ini disebut sebagai Ekstensi Iklan. Untuk pengiklan PPC, Ekstensi Iklan
menawarkan cara untuk mendapatkan informasi tambahan yang ditampilkan pada
iklan PPC tanpa mempengaruhi batas iklan salinan standar. Saat ini, Google
menawarkan lima ekstensi Iklan PPC teks yaitu.
1)
Perluasan Lokasi
Perluasan
lokasi untuk iklan lokal memungkinkan untuk menambahkan informasi lokasi dan
gambar untuk iklan. Untuk menggunakan ekstensi ini, akun AdWords dan Bisnis
Lokal( www.google.com/local ) perlu dihubungkan.
2)
Sitelinks Iklan
Sitelinks
Iklan memungkinkan untuk menampilkan hingga empat link, masing-masing link
dengan tujuan URL yang berbeda. Untuk Link teks standar dibatasi hingga 35
karakter. Dengan Sitelinks Iklan memungkinkan untuk mengarahkan pengguna ke web
atau tempat yang lebih relevan.
3)
Ekstensi Telepon
Perpanjangan
telepon memungkinkan Anda untuk menampilkan nomor telepon lokal di garis bawah
iklan yang teks standar.
4)
Ekstensi produk
Dengan
menghubungkan akun AdWords ke akun Google Merchant Centerdan menyediakan feed
produk, Anda dapat menyertakan gambar produk di PPC iklan bila tersedia. Hal
ini sangat berguna bagi pengiklan eCommerce.
5) Penjual
ratings ekstensi
Google
akan mencoba untuk mencocokkan domain yang digunakan dalam iklan untuk meninjau
web untuk menampilkan peringkat dari informasi bersama-sama dengan iklan teks.
Hal ini sangat berguna jika Anda memiliki peringkat yang sangat baik.
e.
Penawaran dan peringkat
Seorang
pengiklan PPC harus menentukan nilai maksimum pembayaran setiap iklan yang
diklik dan memutuskan nilai tawaran tersebut untuk setiap kata kunci yang
dimasukkan untuk iklan. Tawaran ini disubut CPC(Cost per Click) maksimum, atau
CPC Maks, Setiap kali permintaan pencarian data dimasukkan, mesin pencari
menjalankan lelang untuk menentukan iklan mana yang akan ditampilkan
berdasarkan penawaran tertinggi, lokasi dan kata kunci. Lelang inidikenal
sebagai Generalised Second Price (GSP), yang merupakan variasi pada lelang Vickrey.
Dalam
lelang GSP, setiap pengiklan akan membayar tawaran dari pengiklan dibawahnya,
ditambah kenaikan standar (biasanya $ 0,01, jika kurs Rupiah terhadap dolar
adalah Rp.10.000, maka kurang lebih Rp.100 ), untuk setiap klik pada iklan.
Katakanlah terdapat tiga pengiklan Anton, Budi dan Siska, mereka bertiga
melakukan penawaran yaitu Rp.25.000,-, Rp.30.000 dan Rp.23.500 pada kata kunci
yang sama. Mesin pencari telah menetapkan harga minimum Rp. 20.500,- pada kata
kunci yang sama. Berikut adalah bagaimana iklan akan diposisikan, dan berapa
banyak para pengiklan akan membayar untuk tiap klik. Pengiklan Penawaran CPC Budi
Rp.30.000,- Rp. 25.100,- Anton Rp.25.000,- Rp. 23.600,- Siska Rp.23.500,- Rp.
20.600,- Gambar 6.7 Peringkat dan biaya tiap klik Hal ini akan berbeda ketika
iklan tampil berdasarkan faktor peringkat, Dalam Google AdWords, ini dikenal
sebagai Angka Mutu (Quality Score(QS)). Angka Mutu diterapkan pada kata kunci,
grup iklan dan tingkat akun. Penting bagi kalian untuk menjaga Skor seluruh
akun yang dimiliki berkualitas baik karena mempengaruhi peringkat dan biaya per
klik. Angka mutu ditentukan oleh
faktor-faktor
antara lain:
1)
Relevansi kata kunci untuk istilah pencarian.
2)
Relevansi salin iklan tersebut ke istilah pencarian.
3)
Relevansi halaman website arahan dengan istilah pencarian.
4) Track
Record CTR(clickthrough rates) iklan tersebut.
Nilai
Skor kualitas dapat di peringkat sebagai berikut.
1)
Bagus(8, 9, 10): Kata kunci sangat relevan dan QS tidak perlu perbaikan.
2) OK
(5, 6, 7): Kata kunci relevan, tetapi masih bisa mendapatkan keuntungan dari QS
tinggi.
3) Buruk
(1, 2, 3, 4): Kata kunci ini tidak relevan dan QS perlu perbaikan.
f.
Konversi dan harga klik-tayang
Mesin
pencari dalam menentukan iklan yang akan ditampilkan melihat factor lain
seperti relevansi, tujuannya adalah mencoba memastikan bahwa tidak hanya yang
berkantong tebal yang dapat di posisi teratas sebagai pengiklan. Mesin pencari
memastikan bahwa pengguna menemukan iklan yang relevan Tingkat konversi dari
sebuah iklan adalah konversi/klik. Biaya per tindakan (atau biaya per setiap
konversi) adalah total biaya kampanye/ jumlah konversi. Biaya rata-rata per
klik adalah total biaya kampanye/jumlah klik. Sebagai pemasang iklan, Anda
perlu mengetahui nilai setiap konversi sehingga Anda tidak membayar terlalu banyak
untuk iklan yang diklik.
g.
Website tujuan Iklan
PPC
tidak hanya tentang menciptakan iklan dan penawaran untuk kata kunci. Proses
berlanjut setelah seorang pengguna internet mengklik iklan. Halaman yang
pengakes iklan tuju, dengan mengklik sebuah iklan disebut halaman arahan.
Halaman arahan dapat membuat atau menghancurkan kampanye iklan. Penyebabnya
buruk dalam tampilan dan target yang tidak jelas. Kampanye PPC akan mengirim
semua pengguna ke halaman depan web. Kampanye convert yang akan memastikan
bahwa pengguna mendarat dihalaman yang relevan dengan apa yang konsumen
inginkan. Mengirimkan pengguna ke halaman rumah memberikan mereka banyak
pilihan lain untuk memilih. Sebagai contoh, jika seseorang mencari " Canon
EOS 450D ", Pengiklan yang kurang baik akan mengirimkan konsumen ke www.canon.co.uk.
Sebuah kampanye yang lebih baik akan mengarakan
pengguna
ke halaman yang dituju dengan URL: www.canon.co.uk/For_Home/Product_Finder/Cameras/Digital_SLR/EOS_450 D/index.asp
h.
Pelacakan
Bagaimana
Anda mengetahui konsumen mengakses/mengklik iklan yang ditayangkan? Untuk
menjawab pertanyaan tersebut Anda perlu menggunakan pelacakan konversi yang
tepat. Pelacakan konversi biasanya dilakukan dengan pixel pelacakan kecil yang
ada di konversi halaman konfirmasi dari website. Google AdWords menawarkan
konversi tag pelacakan, yang memungkinkan Anda untuk melaporkan pada AdWords
kampanye melalui konversi. Dalam rangka untuk melacak banyak jaringan lain,
diperlukan, pelacakan pihak ketiga misalnya www.wordtracker.com. Jika Anda mengirimkan
lalu lintas ke website yang menggunakan Google Analytics, Anda dapat
menggunakan pelacakan kampanye untuk melacak dan melaporkan kampanye yang
mengarahkan lalu lintas ke website.
3.
Menyiapkan Kampanye PPC
a)
Perencanaan
Agar
kampanye Anda sukses. Anda perlu melakukan analisis online dan offline dari
bisnis/produk yang akan ditawarkan, tujuan/target, demografi pelanggan, pesaing,
dan cara beriklan atau ukuti acuan 5W1H (what, when, where, who, why dan how)
misalkan.
1) Apa
yang akan Anda jual.
2) Merek
apa yang harus Anda gunakan.
3) Apa
yang dilakukan pesaing untuk pemasaran online dan dimana mereka beriklan.
4)
Bagaimana konsumen mengetahui dan mencari tahu akan produk yang kita tawarkan
5)
Apakah tujuan website yang Anda buat? Menjual produk lebih banyak?Mendidik
konsumen akan produk?meningkatkan kesadaran akan merek? membangun database
marketing melalui pendaftaran newsletter?
b. Anggaran
Ketika
Anda melaksanakan sebuah iklan PPC agar Anggaran Anda dapat dihemat ada
beberapa hal yang harus dipertimbangkan yaitu.
a)
Jangan melakukan penawaran untuk berada di posisi teratas, selama posisi iklan
Anda berada di antara posisi 2 dan 4 maka iklan Anda akan tetap ditayangkan dan
ada kemungkinan di klik sehingga biaya yang dikeluarkan tidak terlalu besar.
b)
Pengaturan waktu. Anda harus mengatur iklan Anda tampil pada waktu yang tepat
dan jam yang tepat pula contoh kalau Anda menjual produk antar makan siang maka
aturlah iklan Anda tampil untuk jam makan siang.
c)
Pengaturan lokasi. Pastikan Anda mengatur lokasi sesuai dengan target yang
diharapkan jika konsumen Anda dari bandung, aturlah untuk daerah bandung
sebagai batasannya.
(2).Kata-kata
apa yang akan menunjukkan bahwa mereka tidak mungkin untuk membeli produk dari
Anda (misalkan kata seperti gratis).
(3).Maanfaatkan
tool untuk analisis kata kunci. Ada sejumlah alat yang akan membantu Anda dalam
mengembangkan daftar kata kunci, dan menentukan volume kata kunci. Ada yang
gratis dan ada pula yang berbayar. Semua alat-alat ini harus digunakan sebagai
pedoman saja misalnya www.keyworddiscovery.com dan http://www.spyfu.com/.
c) Memilih platform PPC
Ada beberapa teori bahwa platform
PPC yang berbeda lebih baik untuk industri yang berbeda pula, misalnya, bahwa
Yahoo! memberikan tarif yang lebih murah dari Google untuk iklan travel. Namun,
hal ini adalah subyektif, Sebagian besar pengiklan besar biasanya akan
menjalankan kampanye PPC pada sejumlah platform. Ada beberapa perbedaan kecil
setiap platform dalam hal kebijakan editorial, dan masing-masing sistem
memiliki antarmuka pengguna yang berbeda. Google AdWords mungkin yang paling
terkenal, yang memungkinkan pengguna untuk bertransaksi dalam mata uang pilihan
mereka, serta menawarkan program pelatihan dan sertifikasi. Google AdWords juga
sebagai penargetan geografis terbaik di seluruh dunia, meskipun penargetan
geografis adalah yang ditawarkan oleh Microsoft adCenter, Facebook, LinkedIn
dan Youtube. Setelah Anda tentukan platform selanjutnya membuat akun dan iklan
yang ingin ditawarkan ke konsumen.
d) Melakukan pengujian,
pelacakan, pengukuran iklan
Iklan yang Anda buat harus di uji
untuk mengetahui tingkat keberhasilannya. Setelah proses pengujian dan iklan
Anda mulai tayang, Iklan tersebut perlu dilacak dan diukur untuk mengetahui
tingkat keberhasilan iklan Anda terhadap produk yang dijual.
4. Konsep Adwords
Salah satu media periklanan yang
disediakan oleh Google adalah Adwords. Dengan Adwords, iklan dapat tampil pada
area yang telah ditentukan, anggaran dapat disesuaikan (tanpa ada kesepakatan pembelanjaan
minimum), iklan dapat diukur dengan mudah dan menjangkau orang-orang dengan
tepat, saat mereka menelusuri apa yang ditawarkan di Internet. Dengan penawaran
biaya per klik, biaya yang dikenakan hanya saat seseorang mengklik iklan yang
ditawarkan. Misalnya, Anda menjalankan took roti di Bandung. Tetapkan iklan
Anda untuk tampil kepada pelanggan hanya di lokasi tersebut, dan saat seseorang
yang tinggal atau berlibur ke sana menelusuri Google untuk mencari "roti
khas bandung", maka iklan akan ditampilkan dan diklik untuk terhubung
dengan bisnis Anda.
a. Keuntungan beriklan dengan
Google AdWords
Beberapa hal penting yang
membedakan AdWords dari jenis periklanan lainnya yaitu.
1) Menjangkau orang-orang pada
waktu yang tepat saat mereka menelusuri apa yang Anda tawarkan
a) Iklan Anda akan ditampilkan
kepada orang-orang yang telah menelusuri jenis produk dan layanan yang Anda
tawarkan. Sehingga orang-orang tersebut lebih cenderung untuk mengambil
tindakan.
b) Anda dapat memilih tempat
iklan ditampilkan, pada website dan pada area geografis tertentu(negara bagian,
kota, atau bahkan RT/RW).
c) AdWords menjangkau 80%
pengguna Internet di Amerika. Itu merupakan pangsa pasar yang besar serta mesin
pencari Google merupakan mesin pencari yang paling banyak digunakan oleh penffuna
internet.
2) Kontrol anggaran
a) Anda hanya dikenakan biaya
saat seseorang mengklik iklan, bukan saat iklan ditampilkan dengan menggunakan
penawaran biaya per klik,
b) Anda memutuskan jumlah (banyak
atau sedikit) yang ingin dibelanjakan setiap bulannya dan Anda tidak akan
ditagih melebihi jumlah itu.
c) Tidak ada komitmen
pembelanjaan minimum.
3) Lihat dengan cermat apa yang
berfungsi pada iklan Anda dan kembangkan
a) Lihat laporan mengenai kinerja
iklan Anda, lihat berapa banyak pelanggan baru yang terhubung ke bisnis Anda
dari iklan, tempat asal mereka, dan detail lainnya.
c) Mudah untuk memulai, menjeda
atau berhenti. Tanpa ikatan.
b. Cara kerja AdWords
Untuk memahami cara kerja AdWords, Ada beberapa elemen dasar yang
harus Anda pahami yaitu.
1. Kata Kunci
Beberapa hal yang harus Anda lakukan ketika memilih kata kunci untuk
kampanye PPC.
a. Buat Group Iklan
Sebelum Anda mulai memilih kata kunci untuk kampanye PPC,
pastikan bahwa grup iklan untuk setiap kampanye diatur menurut produk atau layanan yang Anda tawarkan.
b. Pilih Kata Kunci yang akan digunakan pelanggan untuk
mendeskripsikan produk atau layanan dan kata kunci yang berkaitan
satu sama lain.
c. Tempat iklan dapat tampil
Saat Anda beriklan dengan AdWords, iklan dapat tampil diberbagai tempat
di seluruh web, bergantung pada cara Anda menargetkan iklan, kepada
siapa saja akan ditayangkan, dan jenis iklan yang dibuat.
b. Cara kerja AdWords
Untuk memahami cara kerja AdWords, Ada beberapa elemen dasar yang
harus Anda pahami yaitu.
1. Kata Kunci
Beberapa hal yang harus Anda lakukan ketika memilih kata kunci untuk
kampanye PPC.
a. Buat Group Iklan
Sebelum Anda mulai memilih kata kunci untuk kampanye PPC,
pastikan bahwa grup iklan untuk setiap kampanye diatur menurut produk atau layanan yang Anda tawarkan.
b. Pilih Kata Kunci yang akan digunakan pelanggan untuk
mendeskripsikan produk atau layanan dan kata kunci yang berkaitan
satu sama lain.
c. Tempat iklan dapat tampil
Saat Anda beriklan dengan AdWords, iklan dapat tampil diberbagai tempat
di seluruh web, bergantung pada cara Anda menargetkan iklan, kepada
siapa saja akan ditayangkan, dan jenis iklan yang dibuat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar